Beri Judul Hidupmu Agar "Xlangkah Lebih Maju"

Baru saja mbuka twitter dan update status sekalian ngecek kalau-kalau ada DM atau Metion dari si eNeng, eh ternyata gak ada, malah justru nemu info yang di reTwet sama sesama Tweps. Infonya tentang lomba diadakan oleh PT. XL AXIATA. Tbk atau yang lebih dikenal dengan operator seluler XL yang bertemakan Bagaimana Internet telah membuat saya “Xlangkah Lebih Maju”. Dalam lomba ini XL menatang semua orang untuk nge-Blog atau membuat sebuah tulisan dengan teman di atas yang tentunya harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh XL sebegai berikut : 

  • Peserta membuat tulisan bertema: “Bagaimana Internet telah membuat saya “Xlangkah Lebih Maju”, misalnya, internet telah menjadikan Justin Bieber seorang artist ternama sejak video –nya di Youtube dilirik oleh produser rekaman.
  • Tulisan adalah asli dan belum pernah diperlombakan sebelumnya
  • Tulisan harus mencantumkan kata-kata “XLangkah Lebih Maju” dan logo HotRod 3G+
  • Peserta wajib ‘tweet’ judul tulisan beserta ‘link’-nya dengan ‘mention’ ke @XL123 dengan #XlangkahLebihMaju
  • Tulisan diterima paling lambat tanggal 30 November 2011
  • Pemenang akan diumumkan pada tanggal 14 Desember 2011 di website XL www.xl.co.id
  • Hadiah : 1 unit iPad2 16G(utk pemenang utama) dan 2 BB Torch utk pemenang 2 & 3. [sumber berita]
Lumayan kan hadiahnya, 1 buath iPad 2 16G untuk pemenang pertama, dan 2 buat BB Torch untuk pemenang kedua dan ketiga. Cuman tinggal modal nulis dengan tema yang sudah disebutkan di atas serta dengan ketentuan seperti di atas pula, lalu judul  tulisannya di tweet bersamaan dengan metion ke “@XL123” dan dikasih hastag “#XlangkahLebihMaju” sebelum tanggal 30November2011. 

Nah, karena akupun tertarik dengan  lomba di atas maka aku pun akan berusaha menulis sebuah postingan tentang internet yang telah membuat aku Xlangkah Lebih Maju dari pada aku dulu yang belum mengenal internet [tentu saja ngaksesnya dari XL tho ya].

Postingan ini aku beri judul “Beri Judul Hidupmu agar Xlangkah Lebih Maju”, tulisan ini terinspirasi dengan nama blogku [Hidup Tanpa Judul]. Sebuah blog yang aku ciptakan dari akhir tahun 2007 tepatnya kalau gak salah inget pas tanggal 1 Desember 2007 aku nulis posting pertama di blog ini, jadi bentar lagi neh blog ini merayakan fisrt posting annivesary, hehehhehe. Tapi aku lupa entah apa yang pertama kali aku tulis di blog ini, yang pasti aku masih inget blog pertamaku bukan di sini tapi di blogdrive.com yang kalau gak salah alamatnya dulu adalah edus.blogdrive.com yang aku buat pertama kali ketika kenal dengan internet waat SMA (jadul), tapi waktu itu aku gak mudeng cara mengelolanya jadi gak pernah aku isi blognya, dan entah apakah blog itu masih ada atau tidak.

Berlanjut pada perjalanan blogku di kampus, awalnya aku bisa Xlangkah Lebih Maju dibandingkan dengan temen-temenku satu angkatan yang hampir semuanya belum memiliki blog. Blog pertama yang aku buat ketika kuliah ada pada alamat edushandsome.multiply.com yang pertam kali aku isi kalau gak salah pada bulan November 2007. Dari blog inilah aku mulai menyukai dunia penulisan online, yah meskipun sebenrnya aku tidak terlalu asing dengan dunia tulis menulis, karena aku dari SMP sudah menulis buku harian. Aku terinspirasi pendiri Pesantrenku tercinta KH. Hamam Ja’far, yang menurut putranya Kyai Ahmad Najib Amin Hamam “dulu beliau suka menulis buku harian dan buku-buku harian itu masih tersimpan rapi di rak buku di rumahnya” ungkap Babeh Najib (begitu biasanya kita menyebut beliau yang tercinta) setiap bercerita tentang ayahandanya yang sangat berkharisma. Dan sekarang inilah blog (Hidup Tanpa Judul) yang menjadi lahan bagi saya untuk mengexpresikan diri  dalam dunia yang dulu belum aku kenal, dunia dimana manusia mencari sesuatu yang, dunia lain yang menjadi fenomena kehidupan modern, dunia yang membuatku Xlangkah Lebih Maju sekaligus sebagai media untuk memberikan judul-judul dalam hidupku.

Perjalananku dalam dunia maya tidak banyak sampai ketika aku lulus dari SMA, tapi lebih dari itu aku keterima di universitas pada jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan – Unnes. Dimana pada jurusan ini yang namanya internet adalah merupakan sebuah keharusan untuk dikuasai oleh semua mahasiswanya. Karena hampir semua pembelajaran di jurusanku dan di kampusku secara umum mewajibkan mahasiswanya untuk dapat mengakses internet. Hal ini ditunjukkan ketikan pertama kalinya aku mengikuti ospek di kampus, aku harus mengisi sebuah aplikasi yang bernama SiKaDu (Sistem Akademik Terpadu) yang digunakan oleh kampusku untuk mengelola kegiatan akademik mahasiswa, seperti registrasi mahasiswa, ngisi KRS, lihat KHS, dan lain sebaginya. Lebih dari pada itu di kampusku juga ada yang namanya e-learning yang pada waktu itu namanya adalah ILMO  yang artinya aku lupa apaan, tapi ilmo itu sekarang berubah menjadi ELENA yang mempunyai kegunaan sama yaitu sebagai media pembelajaran berbasis elektronik atau disebut dengan e-learning. Bukan cuman soal SiKaDu, dan ILMO (e-learning) saja yang harus berhubungan dengan internet ketika aku berkomunikasi dengan pihak kampus dalam hal perkuliahan, tapi juga soal mencari buku di perpus, lihat info beasiswa dan mendaftarnya, nginfoin kegiatan organisasi mahasiswa dan masih banyak hal lainnya yang harus aku kerjakan dengan internet. 

Itu masih sedikit hal yang membuat aku Xlangkah Lebih Maju dalam menghadapi tantangan global yang sekarang semakin rame dengan banyaknya terjadi perkembangan dalam berbagai hal termasuk dalam hal teknologi informasi dan pendidikan seperti bidang ilmu yang aku geluti (Teknologi Pendidikan). 

Atas bantuan dari internet pulalah sekarang aku yang tengah mengabdikan diri dalam pendidikan, atau lebih tepatnya mengabdi untuk mendidik generasi penerus bangsa sebagai guru di di SMK Perdana Semarang sejak bulan Oktober lalu. Kini aku bisa bisa Xlangkah Lebih Maju dalam menelurkan sebuah ide untuk membuat blogLearning atau yang aku sebut dengan B-Learning. Blog learning ini aku gunakan untuk membantu adek-adekku (murid-murid) dalam pembelajaran. Ide munculnya b-learning ini berawal dari rasa malasku ketika aku dulu waktu SMA males untuk mencatat ketika jam pelajaran, meskipun pada akhirnya ketika pulang dari sekolah aku harus meminjam buku catatan teman untuk mencatat materi tadi di sekolah. Iya blog ini aku gunakan untuk membantu murid-muridku dalam belajar, karena aku memiliki keyakinan bahwa belajar itu gak cuman bisa dilakukan di sekolah, apalagi sekarang era internet dan hampir semua murid di SMA bahkan SMP telah mengenal internet dan hampir setiap hari menjelajah dunia maya. Untuk itulah aku ciptakan sebuah b-learning agar murid-muridku yang suka berselancar di dunia maya tidak hanya menggunakan sebagai media untuk bersosialisasi dengan sesama tapi juga bisa digunakan untuk membantu proses pembelajaran di sekolah. B-learning ini aku beri nama EDU[s]TALKING yang bisa diartikan sebagai “edus (my name) berbicara soal pendidikan” atau hanya diartikan sebagai “berbicara tentang pendidikan”  , sebenernya nama blogLearning ini aku dapatkan saat kebingungan mencara nama yang cocok untuk blogLearning ini. Dan dengan rasa terpaksa dan bingung akhirnya aku tepatkan saja untuk menggunakan nama itu sebagai nama blogLearning yang akan aku gunakan untuk media pembelajaran di sekolah, dengan harapan murid-muridku bisa belajar dengan lebih leluasa dan fun ketikan mereka bisa belajar di rumah atau di tempat lain yang ada jaringan internetnya atau juga bisa mengunduh materi pembelajaran yang ada untuk digunakan secara offline. 


Demikian tulisan yang ingin aku ikutkan dalam lomba Xlangkah Lebih Maju-nya PT. XL AXIATA Tbk. Semoga bermanfaat dan menghasilkan. Terimakah buat XL untuk kesempatan yang diberikan dalam lomba ini. Sebuah kebanggan bisa bergabung dalam lomba ini. Dan akhirnya semoga kita bisa Xlangkah Lebih Maju untuk mengejar ketertinggalan ini. Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: