Tips Merawat Laptop/netbook

Produk teknologi Elektronik komputer yang satu ini sepertinya sudah bukan merupakan barang mewah lagi, ya bahkan sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan bagi sebagian orang mungkin tidak bisa hidup tanpa laptop, misalnya saja bagi mereka seorang netter, hacker, blogger seperti kita, atau apapun profesinya yang benar-benar beraktifitas dengan menggunakannya.
Atau hal lain seiring perkembangan teknologi internet, dengan laptop juga orang akan semakin mudah menemukan informasi apapun dimanapun berada selama terhubung ke jaringan internet tentunya.

Disamping banyak varian yang beragam, harga yang ditawarkan semakin murah, ditambah lagi dengan kehadiran netbook, kini hampir semua orang bisa memilikinya. Namun demikian, tidak selamanya si empunya laptop ini bisa merawat laptop dengan benar, termasuk anda mungkin. 

Nah berikut ini ad beberapa tips untuk perawatan laptop /notebook agar awet dan tidak rewel, mari kita simak:

1. Jangan menggunakan laptop diatas permukaan yang tidak rata, misalnya sofa atau kasur/bantal, sofa, dsb. Karena ini akan menghambat aliran udara dibagian bawah notebook dan dapat menimbulkan overheating.

2. Cukuplah gunakan software bawaan dari paket laptop, atau pakailah software original. Tapi sepertinya ini kecil kemungkinan karena biasanya lebih banyak mendownload software gratis dari internet. Jika begitu pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

3. Jangan sembarang meletakkan laptop. Misalnya dilantai atau di pinggir meja. Ini sangat beresiko terhadap benturan atau mungkin akan terinjak.

4. Tancapkan ke stabilizer listrik laptop Anda.
Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.

5. Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop.
Hal ini sangat berbahaya, karena risiko layar tergores menjadi besar. Tentunya Anda tidak ingin mengganti layar laptop gara-gara tergores bukan?

6. Gunakan tas laptop agar case tidak tergores pada saat dibawa didalam tas biasa atau pada saat tidak dipakai.

7. Jauhkan dari benda cair. Misalnya anda menaruh atau bahkan makan atau minum minuman sambil menggunakan laptop, ini harus diperhatikan karena laptop merupakan barang elektronik yang sensitif terhadap air.

8. Jangan membongkar laptop Anda sendiri, kecuali anda seorang teknisi. Bisa saja anda penasaran atau jengkel laptop anda rewel misalnya, Ini merupakan tindakan yang sangat tidak baik menurut saya. Laptop bukanlah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center dari laptop Anda.

9. Jangan meletakkan notebook di tempat yang panas atau bersuhu tinggi.
Seperti misalnya terik matahari ataupun di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka pada siang hari, atau menyimpan diatas barang elektronik lainnya deperti televisi. Ini memungkinkan akan merusak layar laptop dan komponen lainnya.

 

10. Gunakan blower atau kipas. Untuk menghindari panas berlebih terutama pada laptop merek tertentu, gunakanlah blower yang biasa diletakkan bagian dibawah pada saat pemakaian, terlebih anda menggunakannya selama anda bekerja dikantor seharian, atau pada saat begadang, atau setiap kali menggunakan akan lebih baik.

11. Lakukan pengecasan yang benar. Diusahakan jangan sembarang mengecas agar baterai laptop awet. Kalu bisa gunakan dengan bijak saja misalnya ketika baterai low hentikan pemakaian dan lakukan pengecasan, Tapi sepertinya ini sulit karena laptop sekarang sudah berperan menggantikan PC yang bisa standby seharian bahkan 24 jam. Kalau begitu caranya nanti saya akan berikan tips bagaimana agar baterai laptop awet dan panjang umur.🙂

12. Setelah pemakaian jangan langsung tutup layar. Tunggulah beberapa menit (sekitar 10 – 15 menit), ini penting karena setelah pemakaian komponen elektronika biasanya pahas karena bekerja, sedangkan posisi layar (LCD) laptop berhadapan dengan blok rangkaian, ini akan mengakibatkan panas tersebut menyebar ke layar (LCD) yang berupa cairan tersebut dan bisa mengakibatkan kerusakan. Dan jika layar sudah rusak tidak bisa diperbaiki kecuali diganti. [sumber tulisan]

13. Jangan gunakan pelindung keyboard pada notebook/netbook/laptop Anda Cara Merawat Laptop – Notebook – NetbookKenapa? Beberapa pekerja TI yang pernah saya temui menganggap kalau menutup keyboard dengan pelindung karet sama dengan menutup sirkulasi udara dalam laptop itu sendiri – meskipun pengaruhnya kecil. Karena udara panas tidak bisa lagi keluar melalui sela-sela keyboard, sehingga motherboard laptop seringkali menjadi cepat panas dan akhirnya rusak. Efek yang ditimbulkan jangka panjang, jadi kerusakan pada motherboard atau bahkan CPU tidak terjadi secara tiba-tiba. Pencegahannya dengan tidak menggunakan pelindung keyboard, cukup gunakan kuas kering atau vacum cleaner mini saja untuk membersihkan debu dari keyboard laptop. 
14. Jangan goyangkan laptop/notebook/netbook saat digunakan Cara Merawat Laptop – Notebook – NetbookJangan pernah goyangkan laptop saat digunakan. Kenapa? Getaran/goyangan yang ditimbulkan dalam kondisi stanby/menyala membuat harddisk laptop tidak tahan lama/rusak. Karena memang pada dasarnya saat laptop menyala, piringan dalam harddisk berputar sangat cepat untuk melakukan proses baca tulis data, sehingga piringan tersebut sangat peka terhadap getaran/goyangan. Efek yang ditimbulkan biasanya jangka panjang. Harddisk akan mengalami bad sectors (istilah untuk bagian piringan harddisk yang rusak) dan jika bad sectors sudah terlalu banyak, harddisk akan mengakhiri tugasnya, alias wafat alias tidak bisa melakukan proses baca tulis. Selamat tinggal harddisk malang.. Tenang ada cara pencegahannya: jangan pernah goyangkan laptop saat dipakai. Jika ingin memindahkan laptop, bawa laptop dengan posisi stabil – tidak miring. Juga jangan lupa lakukan defrag secara berkala pada setiap drive (Start>All Programs>Accesoriess>System Tools>Disk Defragmenter). 
15. Jangan gunakan laptop sembari melakukan pengisian baterai/charging Kenapa? Kalau untuk permasalahan ini sepertinya banyak yang sudah mengetahuinya. Seperti handphone yang tidak baik digunakan dalam keadaan charging, laptop juga sama. Men-charge laptop dalam posisi stanby membuat aliran listrik di dalam baterai kurang stabil. Apalagi mencopot baterai dan mengganti charger sebagai sumber daya utama laptop. Sangat tidak disarankan. Kenapa? Karena bisa saja tegangan listrik dalam stop kontak naik turun. Efeknya, baterai menjadi cepat habis walau tidak digunakan (drop). 
Sedangkan dalam kasus mencopot baterai dan menggantinya dengan charger, membuat aliran listrik dalam motherboard laptop tidak stabil, apalagi jika tegangan listrik dari stop kontak benar-benar naik turun atas bawah kanan kiri, bahaya tuh. Sama seperti kasus pertama, motherboard akan cepat rusak. Pencegahannya, lakukan charging/pengisian baterai pada laptop dalam kondisi mati. Jika terpaksa harus dihidupkan, lebih baik copot baterai dan ganti sumber daya utama laptop dengan charger. Tetapi dengan syarat, gunakan stabilizer di stop kontak agar tegangan listrik stabil sebelum digunakan oleh si laptop tersayang.[sumber tulisan]
 

0 Responses to “Tips Merawat Laptop/netbook”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: