1 tahun edus.web.id

Satu tahun memang bukan sebuah waktu yang lama untuk menjadi umur sesuatu, apalagi umur manusia. Tapi yang satu ini bukan manusia, tapi sesuatu yang menjadi sebagian dari hidupnya manusia. Ya Blog, ini merupakan sebuah media yang telah banyak digunakan oleh banyak orang di muka bumi untuk saling berbagi ide, cerita, suka maupun duka.  Dalam hidupku blog telah aku kenal sejak aku masih duduk di bangku madrasah aliyah (MA) di pondok pesantren Pabelan. Tapi waktu itu aku belum terlalu mengerti tentang guna dan manfaat dari blog itu sendiri. Aku pun lupa apa dulu yang pertama kali aku tulis dalam blogku itu. 
Pertama ngeblog aku dulu menggunakan blogdrive.com (edus.blogdrive.com), yang tampilannya sangat minimalis dan elegan menurutku, tapi kala itu aku gak tau sama sekali tentang blog yang minimalis atau maksimalis. Hari berlalu waktu pun berganti, aku menginjakkan kaki di universitas untuk melanjutkan studiku di jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan yang tergolong masih asing buatku. Dari kampus dimana aku belajar ini aku kembali berkenalan dengan dunia blog, yaitu dengan multiply.com (edushandsome.multiply.com) pada tanggal 14 November 2007 (itu yang tertulis ditulisan pertama blog myltiply-ku). Dengan mu ltiply aku tidak hanya berbagi tulisan, tapi juga bisa berbagi musik yang aku sukai ataupun video yang aku tonton(salah satu video yang aku sukai kala itu adalah videonya Gita Cleopatra yang aku dapatkan dari temenku di Mesir yaitu Wildan). Karena di multiply ada fasilita untuk upload file audio dan video yang kemudia muncul pada halaman tersendiri yaitu halaman video dan audio. Multiply aku gunakan selain untuk tulisan asal-asalan aku juga memposting tugas-tugas kuliah yang aku kerjakan. 
Aku masih inget banget waktu itu aku sedang di laboraturium jurusan sambil ngenet (memang dari semester pertama kuliah aku seneng ngenet di laboraturium karena aku belum punya leptop). Aku diajari oleh senior-senior yang telah lebih dahulu mengenal blog dan juga aku membaca dari tutorial yang aku dapatkan di internet. Setelah bosen dengan multiply, karena waktu itu di multiply tidak menerima komentar dari selain penggunanya jadi aku pengen yang laennya, maka aku berkenalan dengan blogger.com (griyokulo.blogspot.com) yang hingga kini aku masih setia menggunakan fasilitasnya. Karena masih awam dengan blogger.com, maka aku berusaha bertanya dan mencari tutorialnya juga di internet. Sebagai orang newbie di blogger.com aku berusaha menulis apa saja yang aku dapatkan. 
Dari blogger aku tertarik dengan wordpress.com, karena di wordpress tampilannya lebih menarik, banyak menu/widget yang menarik, akhirnya aku membuat akun di wordpress.com, tapi aku lupa ik apa domainya, because karena di wordpress tidak bisa mengubah tampilan tamplates sesuai dengan apa yang aku inginkan maka aku jarang menggunakan wordpress (kalau mau ngubah tampilan tamplates sesuai dengan keinginan kita harus berbayar, alias beli domain dan hosting sendiri). Karena masih seneng dengan ngeblog sambil friendsteran yang kala itu masih belum tersaingin dengan adany facebooknya Mark Zukerberg, aku akhirnya kembali ke blogger tapi sambil juga mencoba-coba pake domain gratisan dan menggunakan joomla. Joomla sangat menarik, karena ini bener-bener website, pada dasarnya aku sudah punya sedikit banget ilmu tentang website dengan frontpage yang aku dulu dapatkan waktu mengikuti les bahasa Inggris dan computer di telecenter e-pabelan. 
Joomla aku pelajari tapi gak terlalu aku dalami karena aku waktu itu masih mikir-mikir buat apa aku menggunakan joomla kalau gak ada isinya, makanya aku menggunakan domain gratisan. Namanya juga gratisan pasti ada aturan yang harus dipatuhi, yaitu salah satunya harus sering diupdate, karena aku waktu itu males ngapdet isi joomlaku maka domain gratisanku pun dihapus dari daftar domain gratis yang aku daftarkan dulu. Akhirnya aku mencoba menggunakan wordpress lagi dengan bantuan hosting gratis dari 000webhost.com dan juga menggunakan domain dari CO.NR, aku berhasil membuat berbarapa blog dengan wordpress, seperti blognya hima kurtekdik, imatepsi dan blogku sendiri yang meskipun pada akhirnya hostingan gratisan yang aku gunakan eror entah kenapa. 
Akhirnya aku kembali ke blogger.com dengan segala pertimbangan pengalaman dan pengetahuan yang telah aku dapatkan. Aku lupa kapan tepatnya aku menggunakan blogger.com, tapi karena tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti aku, hingga kini aku masih ngeblog dengan fasilitas di blogger.com. Karena bosan dengan domain yang ada embel-embelnya blogspot.com maka aku waktu itu tanggal 25 juni 2010 aku membeli domain di idwebhost.com tanpa dengan hostingan, karena aku pikir buat apa pake hostingan toh aku masih bisa menggunakan hostingan gratis dari blogger.com dan aku tinggal mengkonfigurasi domainku di idewebhost.com dengan blogger.com. Setelah mencari domain apa yang bagus, tadinya pengen edus.com ato edus.net tapi sayangnya domain itu telah dibeli orang. Lalu cari edi.com dan edi.net, ternyat juga sudah ada yang memiliki jadi dengan terpaksa aku sampe pada pilihan akhir yaitu menggunakan domain edus.web.id yang waktu itu kalau gak salah harganya berkisar Rp. 35.000,- pertahun. 
Setelah hampir setahun aku kepikiran cari domain baru, aku coba domain edus.us tapi sayang sudah ada yang menggunakan. Lalu aku coba cari ed.us, bisa dan masih belum ada yang menggunakan, tapi waktu itu aku mungkin terlalu kelamaan mikir jadi ketika domain itu telah bulat aku ingin membelinya eh, pas aku cek domain ed.us juga telah dibeli orang laen, yang waktu aku cek di address bar ternyata tidak ada websitenya alias dipark domainkan, tapi kemudi aku buka lagi lain waktu malah tidak ada sama sekali, tapi masih saja tidak bisa didapatkan karena telah menjadi milik orang lain. Lalu aku pasang setatus di facebook yang isinya aku pengen domain baru, ada yang ngusulin wed.us tapi itu juga sudah dibeli orang lain. Kemudian aku kepikiran rada kreatif sedikit aku mencari domain eduus.us (dengan dobel U) eh bisa, tapi aku belum sempet memberilnya, karena masih bingung mau buat apa domain itu, aku juga belum punya duit untuk membelinya. 
Yah, begitulah kisah perjalanan menulisku di blog, entah sudah berapa banyak postingan yang telah aku tulis di blog selama ini. Di umur satu tahun domain EDUS.WEB.ID ini aku memiliki harapan untuk kedepannya agar tulisanku lebih kritis dan berisi lagi. Terutama aku pengen nulis yang lebih banyak tentang pendidikan di Indonesia dan juga tentang hobiku di bidang fotografi (edusphoto.blogspot.com), serta aku kepikiran untuk menulis tentang perternakan atau pedesaan dimana aku dibesarkan. Meskipun blogku belum terkenal itu gak masalah. Karena terkenal adalah tujuan kesekian dari adanya blogku, yang pasti tujuan pertama dari blogku ada aku pengen nulis, aku pengen memberikan judul-judul dalam hidupku yang belum ada judul, biar hidup yang aku jalani lebih memberikan maknanya, amien.

0 Responses to “1 tahun edus.web.id”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: