Keuntungan Menarik Nafas Dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam adalah hal penting bagi kesehatan fisik maupun emosi. Tetapi, karena bernapas cenderung dianggap sebuah refleks menyebabkan aktivitas menghirup napas secara dalam sering dilupakan.

Mulai sekarang, luangkan waktu sejenak untuk menarik napas dalam-dalam hingga Anda merasa ada udara melewati hidung melalui perut hingga keluar lewat mulut. Ketahui manfaat lainnya dari menarik napas dalam-dalam, seperti dikutip dari Reader Digest.

Meredam stres
Bernapas secara dalam membantu mengurangi stres ketika Anda sedang merasa tertekan. Lewat cara ini tubuh akan mengirimkan sinyal untuk memperlambat reaksi di otak, sehingga ada perubahan hormonal dan faktor-faktor fisiologis lain. Efeknya adalah memperlambat denyut jantung serta menurunkan tekanan darah yang tinggi saat stres.

Menurunkan tekanan darah
Bernapas secara dalam merangsang munculnya oksida nitrat alami yang berfungsi membuat seseorang lebih tenang. Zat tersebut akan memasuki paru-paru bahkan pusat otak, sehingga tekanan darah yang dalam keadaan tinggi bisa menurun.

Memperlambat denyut jantung
Saat kondisi emosi meninggi dan detak jantung terasa cepat, tariklah napas dalam-dalam. Cara ini bisa sangat efektif menurunkan detak jantung saat kondisi Anda sedang stres. “Ambil napas dalam-dalam dengan benar, lakukanlah sebanyak tiga kali. Detak jantuk dan tekanan darah pun akan menurun,” kata Dr. Abramson.

Menurunkan amarah
Ambil napas secara dalam ketika Anda mulai merasa emosi sedang meninggi. “Saat marah, tubuh akan merasa tertekan, dengan bernapas secara dalam bisa menurunkan emosi dan tekanan yang muncul,” kata Robert Nicholson, Ph.D., asisten profesor dari Saint Louis University.

Mencegah makan berlebihan

Stres adalah salah satu pemicu utama nafsu makan. Agar tidak makan berlebihan ketika stres, Anda bisa mengatasinya dengan latihan pernapasan. Ketika nafsu makan muncul saat stres, ambil napas secara perlahan dan singkirkan makanan dari pikiran dan fokuslah untuk relaksasi.[sumber tulisan]


dengan bernafas maka kita juga membuang racun yang ada di dalam tubuh 

Dalam tubuh kita, ada saja racun-racun yang masuk, entah melalui sentuhan langsung ataupun pernafasan kita. Tetapi tahukah Anda setiap kita juga bernafas, tubuh melepaskan hampir 70 persen racun saat bernafas? Jika Anda tidak bernafas dengan baik, racun yang berada dalam tubuh Anda tak akan hilang sepenuhnya dengan baik.
Untuk dapat bernafas dengan baik, Anda harus menarik nafas dalam-dalam lewat perut. Tetapi yang sering terjadi adalah orang bernafas pendek dan hanya mengisi puncak ketiga paru-paru. Bernafas dalam dengan penuh kesadaran merupakan cara sederhana untuk merilekskan tubuh Anda, mengurangi stres dan mengisi sel-sel tubuh Anda dengan oksigen.
Berikut ini ada sebuah tips latihan sederhana yang dapat menolong Anda bernafas dengan baik. Duduklah tegak lurus bersandar pada kursi. Letakkan telapak tangan di atas puser Anda. Lalu rilekskan perut Anda dan dengan perlahan tariklah nafas dalam-dalam. Hiruplah udara sampai diafragma benar-benar turun dan rasakan perut Anda yang mengempis. Pada saat Anda mengeluarkan nafas, perut akan berkontraksi. Ulangi gerakan ini beberapa kali.
Saat Anda mengalami kekecewaan atau stres, cukup menarik nafas dalam-dalam. Cara ini akan membantu Anda mententramkan situasi hati Anda secara efektif.[sumber tulisan]

0 Responses to “Keuntungan Menarik Nafas Dalam-dalam”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: