Judule ’embuh’ yang pasti soal blog

Ini dia yang sering dipertanyakan oleh temen-temen blogger pemula, yang ngakunya masih blank dan nihil pengetahuan soal blog/ngeblog. Padahal sejatinya ngeblog itu bisa ditentukan dari minat yang menjadi pilihan setiap individunya, ada yang suka dengan fotografi yang ngeblog soal fotografi, yang suka dengan pendidikan ya ngeblog soal pendidikan, dan yang suka dengan makan-makan/masak-masak yo silahkan ngeblog dengan tulisan tentang makanan apa saja yang dapat dimasak dan dibagikan pengetahuan cara memilih makanan yang sehat kepada semua pembaca.
Nah ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh temen-temen yang ngakunya masih newbie :
  1. Tentukan topik blog, ini bisa macem-macem, tergantung dari minat dan tujuan anda ngeblog, tapi dari beberapa tulisan di blog yang aku baca, orang ngeblog adalah mereka yang ingin berbagi (share) dengan orang lain melalui media blog. Siapa seh yang gak tau apa itu blog ?, hampir semua orang yang mengenal internet ataupun yang tidak mengenal internet tau apa itu blog. Oh iya, dengan menentukan topik blog anda, maka akan mudah bagi kita untuk mengkhususkan diri dalam penulisan blog tersebut.
  2. Luangkan waktu untuk menulis, ya menulis, kadang ide itu datang tiba-tiba tanpa ada angin lewat atau tanpa anda sadari, dengan begitu saja ide itu datang. Nah agar kita tidak lupa dengan ide luar biasa itu tuliskan segera ide tersebut dalam selembar kertas kecil atau di note di HP yang anda bawa setiap hari. saya biasanya dengan HP. agar ide itu tidak terlupakan begitu saja
  3. Tampilan, pengaruh dari tampilan blog menurut aku adalah sekitar 30% dari semua konten yang ada di blog. Tampilan yang bagus belum tentu mencerminkan konten (postingan) dari blog itu bagus. Justru kadang banyak tampilan blog yang minimalis dan simple itu lebih bagus tulisannya dibanding dengan blog yang terlalu banyak widgets yang terpasang di blog itu. Terlalu banyak widget kadang juga memperngaruhi kecepatan akses blog, tampilan tidak terlalu menjanjikan, tapi yang penting isinya
  4. Konsisten, teteplah nulis tentang hal yang sama dalam satu blog, inget tema/topik kita akan mempengaruhi orang laen untuk mampir dam membaca tulisan kita itu. Dengan istiqomah dalam satu tema/topik maka kita akan mempunyai trademark/ciri-ciri khusus dalam blog itu. Pembaca akan langsung tau kepada siapa (blog siapa) bila akan mencari judul tertentu, semisal musik pasti blog yang akan dikunjungi adalah blognya si A, sedang untuk pendidikan biasanya ke blog si P yang terkenal dengan tulisan-tulisan pendidikannya itu.
  5. Tukar menukar, maksudnya disini kita bisa saling mengunjungi, memberikan komentar ataupun bertukaran link blog, ini juga sangat mempengaruhi SEO (Searh Engine Optimazer) blog kita agar blog kita bisa menempati posisi teratas di google search ataupun search engine lainnya semacam axela ato yang laennya.
mungkin ini dulu tulisan soal newbie bloggernya, nanti aku sambung lagi deh
to be continued…

0 Responses to “Judule ’embuh’ yang pasti soal blog”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: