Tentang presentasi [beberapa kesalahan yang sering terjadi]

Tulisan ini saya tulis atas dasar keprihatinan saya akan keadaan, mungkin ini keadaan yang terjadi di lingkungan saya doang atau bahkan mungkin terjadi diseluruh tempat kuliah. Memang kasus ini tidak terlalu besar tapi jujur saya yang mengalami pengalaman ini sangat risih dan tidak nyaman dengan kejadian yang sering dan bahkan terjadi berulang-ulang kali.
Kejadian ini terjadi ketikaa jam perkuliahan bebarapa hari terakhir ini, yang mana setiap kali perkuliah dan ada kesempatan untuk mempresentasikan makalah dari tugas yang dibebankan oleh dosen kepada mahasiswa untuk mencari artikel atau membuat makalah yang kemudia pada kesempatan pertemuan berikutnya harus mempresentasikan makalah tersebut di depan mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah. Ketika bebarapa mahasiswa mencoba untuk mempresentasikan makalah tugasnya di depan kelas, disini lah sumber masalah bermulu. Makalah yang dijelaskan di depan memang terlehit menarik dengan judul yang mungkin menggelitik untuk dijadikan sebagai bahan pertanyaan beberapa mahasiswa kritis, tapi ketika mahasiswa tersebut mulai mempresentasikan makalah tersebut dengan media presentasi yang pada umumnya adalah Power Point tampak beberapa kesalahan mendasar dalam kegiatan presentasi.
Kesalahan pertama dalam beberapa kali pertemuan presentasi mahasiswa adalah proporsi dari beberapa slide presentasi yang tidak proporsional, missal warna tulisan atau isi materi presentasi dengan background slide yang tidak kontras. Misal warna background biru tapi tulisan atau font dalam penulisan menggunakan warna merah, background putih tapi menggunakan warna font kuning. Ini memang kesalah yang sangat simple untuk dikoreksi tapi ketika proses penyampaian materi presentasi menjadi tidak asik karena tulisan tidak terbaca.
Kesalah berikutnya yang masih berhubungan dengan proporsi slide dengan isi adalah terlalu banyaknya tulisan dalam satu slide presentasi. Pada dasarnya dalam presentasi hanya menampilkan bebreapa kalimat tulisan dan bukan beberapa paragraf tulisan. Karena pada hakekatnya presentasi adalah mengambil inti atau point dari makalah yang ditayangkan bukan menampilkan keseluruhan dari kalimat/paragraph dalam sebuah alinea. 
Mungkin itu kesalah yang mendasar sekali yang sering ditemukan di bebrapa kali pertemuan perkuliahan. Tapi menurut saya yang paling nyesek dan sungguh terlalu adalah dalam proses penyampain materi makalah yang dipresentasikan menggunakan media power point tersebut adalah hanya dengan membaca makalah aslinya sedangkan mahasiswa yang lainnya dalam satu kelompok tersebut tinggal mengklik dan meNextkan slide presentasi tanpa menerangkan maksud dari makalah yang dipresentasikan tersebut. Dan yang lebih keterlaluan lagi dalam mempresentasikan makalah tersebut dengan duduk, sepertinya malas sekali untuk berdiri dan memberikan penjelasan tentang materi yang sedang disampiakan di depan kelas. Mbok yo setidaknya ketika presentasi sebuah makalah yang menggunakan media power point atau media lain yo dengan berdiri jangan duduk, dan jangan hanya membaca makalahnya saja tapi cobalah untuk memberikan penjelasan dari masing-masing slide yang ditampilkan kepada audiens.
Memang ini kesalahan yang sangat mendasar dalam presentasi tapi ini juga banyak membuat risih. Berkali-kali saya mencoba mengingatkan temen-temen untuk memperbaiki cara berpresentasi agar terlihat enak dan mengesankan tapi masih saja tetep itu-ini saja yang dilakukan. Mungkin seorang dosen harus menekankan lagi kepada mahasiswanya agar dalam presentasi tidak monoton duduk dan membaca makalah aja tapi juga harus lebih mobil dengan berdiri dan menerangkan apa yang sedang dibawakan.
NB : INGAT !!!! presentasi bukan membaca !!

2 Responses to “Tentang presentasi [beberapa kesalahan yang sering terjadi]”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: