Biar gak dibohongi Polisi

Sekedar berbagi untuk temen-temen yang sering kena tilang di jalan, setelah mendengar sharing dan cerita dari temen-temen yang tadi malam bercerita bareng tentang tilang-ketilang di jalanan sambil nonton tipi . Ini ada sedikit info biar kita tau pangkat-pangkat polisi yang nilang kita jadi kalo pas ditilang kita gak perlu takut diperas, tapi kita bisa membalikan kondisi itu jadi kita gak rugi kehilangan duit sampe 50 ribu (kasus temen gwe) atau lebih, karena biasanya kalau disidang dendang untuk pelanggaran seperti melanggar marka jalan atau lampu merah hanya sekitar 20 ribu doang, kan rugi lo misal kita ketilang di jalan itu aku yakin duitnya gak masuk ke kas negara tapi masuk ke kantong yang katanya oknum-oknum polisi (oknum kok banyak banget ya), tapi aku yakin gak semua polisi berhati busuk, tapi masih banyak polisi yang mematuhi peraturan dan tidak menggunakan kekuatan dan kekuasanya untuk memanfaatkan kesalahan kita, seperti polisi yang dulu aku temui (waktu ditilah di daerah nJambu setelah pondoknya Seh mPuji). 

Ini pangkat-pangkat dalam tingkat yang paling dasar sampe tinggi seperti jenderal, cekedot guys :
  • Jenderal : Pangkat paling tinggi nih di polisi. Lambangnya bintang empat berwarna emas. Ya, jabatannya setingkat Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia). Jenderal diangkat oleh presiden tapi sebelumnya diuji kelayakan oleh anggota DPR/MPR.
  • Komisaris Jenderal (Komjen) : Bintang tiga.
  • Inspektur Jenderal (Irjen) : Bintang dua. Biasanya pangkat ini adalah Kapolda (Kepala Kepolisian Daerah)
  • Brigadir Jenderal (Brigjen) : Bintang satu
  • Komisaris Besar Polisi (Kombes) : Pangkat ini mempunyai lambang melati tiga. Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) biasanya mempunyai pangkat ini atau setingkatnya
  • Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) : melati dua
  • Komisari Polisi (Kompol) : melati satu.
  • Ajun Komisaris Polisi (AKP) : Lambangnya adalah tiga balok emas. Dan jabatan untuk pangkat ini biasanya setingkat Kapolsek (Kepala kepolisian sektor).
  • Inspektur Satu (IPTU) : balok emas dua
  • Inspektur Dua (IPDA) : balok emas satu
  • Ajun Inspektur Satu (AIPTU) : Membunyai lambang balok tapi bergelombang. Balok bergelombangnya itu ada dua buah
  • Ajun Inspektur Dua (AIPDA) : balok bergelombang satu.
  • Brigadir Kepala (Bripka) : lambangnya seperti siku berjumlah empat
  • Brigadir : lambangnya seperti siku tapi berjumlah tiga
  • Brigadir Satu (Briptu) : siku dua
  • Brigadir Dua (Bripda) : siku satu
tambahan tulisan dari transfer-ilmu.blogspot.com

0 Responses to “Biar gak dibohongi Polisi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: