Achiever VS Mediocre [from the book of Haryanto Kandani]

TIDAK MENYADARI APA YANG ANDA INGINKAN ADALAH MASALAH PENGETAHUAN

TIDAK MENGEJAR APA YANG ANDA INGINKAN ADALAH MASALAH MOTIVASI

TIDAK MENCAPAI APA YANG ANDA INGINKAN ADALAH MASALAH KARAKTER

aku mo sedikit berbagi dari beberapa bab buku yang sedang aku baca yaitu judulnya the Achiever yang di tulis oleh Haryanto Kandani. Tulisan di atas merupakan salah satu isi dari buku ini pada halaman 14 bab 1 yang mempunyai judul ARE YOU AN ACHIEVER ? dibawah ini ada sedikit resensi yang aku ambil dari situnya Bang Har ;
“Kehidupan yang biasa-biasa bukanlah suatu kehidupan yang layak untuk Anda hidupi. Karena potensi yang luar biasa untuk pencapaian sukses sudah ada di dalam diri Anda. Inilah alasan kenapa Anda perlu menjadi seorang achiever agar Anda dapat menikmati kehidupan yang menggairahkan dan dinamis. Hidup Anda akan mulai dipenuhi dengan berbagai pencapaian yang berarti. Ketahuilah bahwa Anda lebih baik dari yang Anda kira. Anda masih bisa meraih lebih dari apa yang Anda sudah raih. Salah satu alasan Anda perlu membaca buku ini adalah karena Anda pasti menginginkan sesuatu yang lebih baik untuk kehidupan Anda. Sifat inti dari kehidupan adalah maju dan berkembang ke arah pencapaian. Dengan mengambil tanggung jawab atas kehidupan dan masa depan Anda serta menolak untuk membiarkan setiap keadaan menghalangi, maka Anda bisa segera mulai menciptakan pencapaian pribadi yang signifikan. Buku ini akan menunjukkan  bahwa Anda mempunyai kemampuan untuk menjadi, melakukan dan memiliki sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya. Anda akan dibawa keluar dari zona  nyaman untuk meninggalkan posisi Anda yang sekarang ke posisi yang Anda  inginkan”.

Pada beberapa bab yang baru aku baca yaitu bab 1 sampe dengan bab 5 yang berjudul Unlock your potential aku disuguhi bacaan yang hampir semua isinya mengupas tuntas tentang diri kita sendiri dan bagaimana caranya agar kita menjadi orang yang Achiever bukan menjadi seorang Mediocre.  Nah, apa itu Achiever dan Mediocre ? kalo dari kamus bahasa inggrisnya google.com Achiever itu berasal dari kata achieve yang artinya adalah mencapai, sedangkan mediocre artinya sedang saja atau sedang-sedang saja, ya kalo gitu gak lebih ya gak kurang atau biasa wae lah. 
Tapi dari buku yang satu ini Achiever artinya adalah pribadi yang ingin mencapai lebih, berprestasi, orang yang memiliki impian dan sasaran jelas, punya keinginan kuat untuk maju, tidak puas dengan keadaan sekarang, mengalahkan kesulitan untuk meraih sesuatu. Sedangkan arti dari Mediocre adalah pribadi yang rata-rata, biasa-biasa, sedang-sedang, mudah puas, merasa cukup, lumayan, membosankan, tidak hebat, mencari aman, tidak berani ambil risiko. 
Tapi bukan berarti achiever itu adalah orang yang tidak pernah bersyukur atas apa yang telah didapat, tapi achiever itu adalah orang yang tidak pernah merasa cepet puas dengan hasil yang telah ia dapat, yah, karena kita semua tau Einsten saja yang pinternya luar biasay hanya masih menggunakan sedikit banget dari 100 % kemampuan otaknya untuk berfikir. 
Nah, para achiever ini adalah orang yang berusaha memaksimalkan potensi, pikiran, ilmu dan apa yang ia punyai dalam diri mereka untuk mencapai tujuan yang tertinggi dalam hidupnya. Sebagai contoh dalam buku ini adalah ketika kita duduk, bila kita sudah duduk dengan posisi yang tidak nyaman pasti kita akan merubah posisi duduk kita agar posisi itu nyaman dan enak, iya gak ? nah, nantinya kalau kita sudah duduk nyaman kalau kata orang itu sudah “PW” atau posisi wuenak jangankan pindah dari tempat duduk itu bergeser sedikit aja mungkin gak mau. Nah, dalam buku ini achiever adalah orang yang berusaha keluar dari zona nyaman untuk mencapai apa yang mereka impikan menjadi tujuan hidup mereka. Kalau dalam kasus ini saya ambil contoh adalah diri saya yang sedang menempuh skripsi dan pastinya saya mempunyai tujuan agar skripsi saya cepet selesai dengan hasil yang memuaskan atau tidak hanya skripsi-skripsi yang biasa-biasaya saja dengan hasil yang rata-rata atau sedang-sedang saja seperti dalam lagu dangdut ‘yang sedang-sedang saja‘ tapi tidak bagi seorang yang sedang berusaha menjadi achiever seperti saya (thanks to Mr. Haryanto Kandani). Saya pengen hasil yang luar biasaya, saya pengen skripsi saya tidak hanya menjadi pajangan di rak buku perpustakaan pribadi saya, saya pengen yang lebih keren lagi, yang lebih hebat lagi dari hanya sekedar skripsi yang membantu saya lulus dan selesai rampung Sarjana Pendidikan yang bergelar S.Pd. Nah, kira2 begitulah seorang achiever itu, yaitu mereka yang berusaha keluar dari zona kenyamanan yang sedang mereka nikmati untuk mendapatkan lebih dari hanya sekedar yang sedang-sedang saja.
Oh iya, ada hal yang sering sekali diungkap dari buku ini, yaitu bahwa semua yang kita inginkan adalah hasil dari kelakuan otak kita. Kok bisa ? iya, bisa, ini hampir sama dengan tulisan yang ada dalam buku The Secret dan pilemnya itu (bagi yang sudah membaca the secret pasti tau). Semisal, anda adalah seorang mahasiswa yang ingin membangun usaha sendiri (jadi pengusaha kecil-kecilan dulu sebelum menjadi besar), tentu saja anda harus berani berusaha, berani memulai, berani mengambil risiko yang akan anda alami. Nah, dalam kasus ini anda sebagai seorang mahasiswa yang ingin berusaha dagang kecil-kecilan untuk membiayai hidup anda pasti pertama kali akan memulai usaha itu pasti berfikir apakan saya bisa, apakah nanti tidak akan bangkrut ? apakah nanti saya akan untung, apakah nanti akan kembali modal ? mungkin itu adalah pertanyaan-pertanyaan yang pasti keluar nantinya. Tapi seorang achiever adalah meraka yang mempunyai pikiran positif akan apa yang ia ingin capai kelak. Percayalah pada pikiran anda, bilang pada diri anda bahwa anda bisa, anda akan menjadi seorang pengusaha yang sukses, anda akan kaya dari hasil usaha anda itu. Nah, kira-kira begitulah kekuatan dari pikiran yang ada dalam tulisan Mr. HK ini. 
Dari beberapa bab yang telah saya baca saya bisa menyimpulkan bahwa apapun kondisi saya, anda, mereka sekarang adalah hasil dari buah pikiran saya, anda, mereka kemaren, dulu. Dan apapun hasil yang akan kita terima besok adalah hasil dari buah pikiran kita sekarang. So berpikirlah positif bahwa kelak kita pasti akan sukses, kita akan meraih apa yang kita impikan itu.

0 Responses to “Achiever VS Mediocre [from the book of Haryanto Kandani]”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: