Wanita Golongan Darah O Sulit Hamil?

dari Kompas.com; Perempuan yang memiliki golongan darah O diduga lebih sulit mendapatkan kehamilan seiring dengan bertambahnya usia, demikian hasil riset para ahli kesuburan di Amerika. 

Studi ini adalah yang pertama kali memberi indikasi bahwa golongan darah dapat memengaruhi kesempatan kaum Hawa untuk memperoleh kehamilan. 

Dalam penelitiannya, para ahli memantau kelompok pasien yang sedang menjalani terapi kesuburan. Ternyata, perempuan yang berdarah O memiliki kualitas dan kuantitas sel telur yang lebih buruk ketimbang perempuan bergolongan darah lain.  Adapun wanita golongan darah A cenderung memiliki kualitas dan kuantitas sel telur lebih baik.

Temuan ini diyakini dapat menjadi rekomendasi agar para wanita berdarah O sebaiknya mencoba mendapat kehamilan pada usia lebih muda. Akan tetapi,  para ahli tetap berkeyakinan bahwa kajian lebih lanjut perlu dilakukan.

Dr Edward Nejat dari Departemen Obstetri dan Ginekologi Albert Einstein College of Medicine New York menyebutkan, hasil temuannya ini didasarkan pada kajian  terhadap pasien wanita yang menjalani terapi kesuburan pada pusat program bayi tabung  Universitas Yale dan Institut Montefiore di New York.

Penelitian Nejat juga akan dipresentasikan pada konferensi tahunan American Society for Reproductive Medicine (ASRM) di Denver.

Dari sekitar 560 pasien yang dipantau, yang rata-rata usianya 35 tahun, terungkap bahwa wanita berdarah O cenderung memiliki  hormon FSH (follicle stimulating hormone) lebih tinggi ketimbang pasien bergolongan A. 

Para ahli mencatat, tingginya hormon adalah indikator penting  dari rendahnya jumlah sel telur.  FSH  dihasilkan oleh tubuh untuk merangsang folikel-folikel dalam ovarium yang memproduksi sel telur.

Ketika ovarium mulai kehabisan sel telur pada saat wanita memasuki  usia 30 an 40-an, produksi hormon ini harus ditingkatkan untuk merangsang lebih banyak sel telur. Tingginya kadar FSH mengindikasikan bahwa jumlah sel telur menurun.

Riset menunjukkan, wanita bergolongan darah O tercatat dua kali lebih besar kemungkinannya memiliki kadar FSH di atas 10 (ambang batas antara normal dan level yang meningkat) di bandingkan tipe golongan darah lainnya.

Wanita yang memiliki berdarah A ternyata memiliki antigen A, sejenis protein  pada permukaan sel yang justru tidak dimiliki oleh mereka yang bergolongan O.

“Mereka yang bergolongan darah O dua kali lebih besar memiliki kadar FSH di atas 10 dibandingkan yang bergolongan O. Kami menemukan bahwa wanita dengan golongan darah A memiliki semacam perlindungan terhadap dampak ini,” kata Dr Nejat.[sumber tulisan]
wes lah ojo takut, kan baru penelitian, toh urusan anak itu Tuhan yang berkehendak

0 Responses to “Wanita Golongan Darah O Sulit Hamil?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: