Telamatika, Multimedia, Telekomuniksi itu apah ?

berhubung senen depan (5 Juli 2010) ane disuruh ngikut seminar yang diiadain ma Menkominfo di ngotel Pandanaran, yang judulnya aneh lupa cos ini langsung perintah dari jurusan buat ane dan temen2 guna ngikuti neh seminar, tapi lo gak salah ada kata2 “Pemuda sadar Telematika”nya gitu dah.  Nah berhubung dengan itu, ane juga penasaran dengan istilah TELEMATIKA itu sendiri, setelah baca2 beberapa artikel yang ada di beberapa situs/blog akhirnya aneh copas aja disini. 
nah loh, sekarang kita mo ngobrolin soal TELEMATIKA, MULTIMEDIA, TELEKOMUNIKASI (udah tau, kan aneh tadi di awal dah ngobrol).  lo pengertian yang aku dapet dari wikipedia.org, telematika itu adalah : 
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
sedangkan dalam blog sodara sebangsa dia mengatakan :  
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICTInformation and Communications Technology)

Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang menjadi wacana MULTIMEDIA. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), TELEMATIKA, MULTIMEDIA, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.

ane gak punya pendapat ato pengeritan sendiri soal kata TELEMATIKA ini, tapi dari dasar katanya mungkin ada hubunganya dengan TELE yang berarti jauh, dan MATIKA mungkin itung2an, soale mungkin berasal dari kata mateMATIKA, nah kan lo mateMATIKA itu selalu berhubungan dengan itung2an ato mungkin juga angka2, toh mungkin juga ya, lo gak salah seperti jaringan komputer itu kan sebenernya data yang dikirim dari satu komputer ke yang laen itu berupa angka2, nah mungkin juga TELEMATIKA ada hubunganya dengan komputer, dan klo gitu komputer ada hubunganya dengan PLN dung ? kan PLN yang nyediain listrik, nah loh, klo gak ada PLN gak ada listrik, lo gak ada listrik gak bisa nyalain kompie ? moso iyo seh ? tapi kan bukanya listrik bisa di jalankan dengan tenaga surya, tenaga air (kincir air), tenaga angin (kincir angin), bahkan mungkin tenaga manusia. Tapi kok ane jadi ngomongnya ngelantur gini seh ? dah ah, kita kembali ke topik pembicaraan lagi. 

Nah, klo kata MULTIMEDIA itu sendiri mempunyai arti sebagai berikut :  

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma. [sumber tulisan]

nah klo bahasa saya multimedia itu ya banyak media, sedangkan media itu sendiri adalah alat untuk membantu menyampaikan maksud ato tujuan nya. itu pengeritan ane sebagai orang awam loh, lo dari para pakar ya meneketehek

dan kalo kata TELEKOMUNIKASI pengertianya dari wikipedia adalah Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian infomasi, dari suatu tempat ke tempat lain.
klo persi ane, telekomunikasi itu adalah gabungan dari dua kata yaitu ; TELE dan KOMUNIKASI. TELE itu sendiri menurut ane artinya jauh, dan komunikasi itu adalah hubungan antara dua ato lebih individu dengan ato tanpa perantara (media) guna mencapai tujuan(maksud). Sorry, pas nulis postingan ini ane lum baca buku mata kuliah yang bersangkutan, jadi rada gak ilmiah2 gitu dah, tapi moga aja bermanpaat buat semua deh.

0 Responses to “Telamatika, Multimedia, Telekomuniksi itu apah ?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: