Secuil Ilmu dari MicroTeaching di Ma’had

Hanya pengen mengingat dan mengulang kembali pelajaran2 dulu waktu aku ikutan micro teaching di pondok Pabelan. Ternyata materi micro teaching yang aku dapatkan sama dengan materi2 kuliah yang aku dapatkan di perkuliahan sekarang, baik itu tentang materi kependidikan, psikologi, maupun materi konseling, tapi cuman bedanya tentang materi bahasa arab, cos di kuliah aku gak diajarkan materi bahasa arab. Micro teaching yang wajib diikuti oleh semua santri yang akan mereka dapatkan setelah mereka menjalankan Ujian Nasional, biasanya untuk mengisi waktu liburan mereka di Pondok, ini bersiwat wajib, baik itu untuk santri yang akan mengabdi ataupun mereka yang ingin melanjutkan masa studinya di universitas.

Ini materi yang aku dapatkan waktu micro teaching dulu, materinya terdiri dari berbagai macama, seperti ini :
1.    Pengertian Pendidikan
2.    Konseling
3.    Psikologi
4.    Awalan dalam mengajar (dalam bahasa arab, inggris, indonesia), ini seperti kata2 atau tutur kata dalam mengawali pengajaran
5.    Membuat silabus, RPP
6.    Tugas dan peran guru
7.    serta beberapa materi yang tidak ada modul materinya

sebenernya tulisan ini aku tulisa karena pada semester enam ini aku juga ngambil mata kuliah micro teaching, so setidaknya buat nginget2 kembali semua yang pernah aku dapatkan waktu aku ikutan micro teaching dulu di Pabelan. Dan berhubung aku juga sedikit lupa tentang materi2 yang hampir sama dengan semua materi yang ada di perkuliahan, yang atara lain materinya seperti di bawah ini.

KETENTUAN UMUM PENDIDIKAN
Oleh, al-ustad/ustadzah li ma’had fabilan

1.    Pendidikan adalah usaha sadar dan terncana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
2.    Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan pancasila dan undang-undang dasara negara republik Indonesia tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.
3.    Sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
4.    Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
5.    Tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan.

Materi kedua yang aku dapat adalah tentang kurikulum, sebagai berikut :

1.    Kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat :
a.    Pendidikan Agama
b.    Pendidikan Kewarganegaraan
c.    Bahasa
d.    Matematika
e.    Ilmu Pengetahuan Alam
f.    Ilmu Pengetahuan Sosial
g.    Seni dan Budaya
h.    Pendidikan jasmani dan olahraga
i.    Keterampilan / kejuruan
j.    Muatan lokal
2.    Kurikulum pendidikan tinggi wajib memuat :
a.    Pendidikan agama
b.    Pendidikan Kewarganegaraan
c.    Bahasa

Materi selanjutkan tentang psikologi, yaitu materi spikologi pendidikan yang pada perkuliahan aku dapatkan pada semester dua kalau tidak salah inget, tapi sekarang kurikulum sudah dirubah mungkin maju jadi semester satu atau malah mundur jadi semester tiga, yang pasti materi micro teaching ini juga aku dapatkan pada perkuliahanku sekarang.

Psikologi Pendidikan

1.    Pengertian Psikologi
Kata psikologi berasal dari kata “psyche” yang berarti jiwa atau roh dan juga logi atau dalam bahasa aslinya adalah “logos” yang berarti ilmu
Jadi pengertian dari psikologi ialah ilmu yang mempelajari tingak laku manusia

Tingkah laku manusia itu adalah segala kegiatan, tindakan, perbuatan manusia yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, yang disadari maupun tidak disadari.

2.    Psikologi Pendidikan :
Adalah cabang dari psikologi yang dalam penguraianya dan penelitianya lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental, yang sangat erat hubunganya dengan masalah pendidikan terutama yang mempengaruhi peroses dalam keberhasilan belajar.

3.    Belajar
–    perubahan dalam tingkah laku
–    latihan atau pengalaman
–    relatif mantap (tetap)
–    tingkah laku yang mengalami perubahan karena belajar, menyangkut berbagai aspek kepribadian, baik fisik maupun psikis, seperti : perubahan dalam pengertian, pemecahan suatu masalah atau berpikir, keterampilan, kecakapan, kebiasaan maupun sikap.

Selanjutnya materi tentang terori belajar, yang aku dapat waktu semester tiga perkualiahan
Banyak banget teori belajar yang ada dan aku dapatkan dalam perkuliahan tapi sayang aku lupa itu semua, dan dengan ini aku berharap bisa mengingatkan kembali semua ilmu yang dulu pernah aku dapatkan.

Faktor2 yang mempengarhusi belajar :

·    Individual : kematangan atau pertumbuhan, latihan, motivasi, dan faktor pribadi
·    Sosial : keluarga atau keadaan rumah tangganya, guru dan cara mengajarnya, alat-alat yang dipergunakan dalam belajar, lingkungan dan kesempatan yang tersedia, dan motivasi sosial.
PERASAAN : merupakan dasar yang mendukung susana hati, atau sebagai pemberi keterangan dan ketekunan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah/persoalan, perasaan selalu menyertai proses berfikir.

Materi yang satu ini aku lupa dalam mata kuliah apa, klo gak salah masih soal psikologi, yatu psikologi belajar. Materi ini juga aku dapat waktu waku micro teaching di Pabelan dulu.

·    Berfikir adalah satu keaktifan pribadi manusia yang mengakitbatkan penemuan yang terarah kepada suatu tujuan

·    Berfikir erat hubunganya dengan daya2 jiwa yang lainnya seperti : tanggapan, ingatan, pengertian dan perasaan.

·    Tanggapan : memegang peranan penting dalam berfikir, meskipun adakalanya dapat mengganggu jalanya berfikir.

·    Ingatan : meruapakn syarat yang harus ada dalam berfikir, kerena memberikan pengalaman-pengalaman dari pengamatan yang telah lampau.

·    Pengertian : merupakan hasil berfikir yang dapat memberikan bantuan yang besar dalam suatu proses berfikir.

PERASAAN :
Jasmani dan Rohani

Perasaan jasmani terdiri dari :
–    Perasaan indrani seperti rasa panas, dingin, asam, pahit, manis, keras, lunak dsb.
–    Perasaan naluri : takut, marah, perasaan, seksual, dsb.
–    Perasaan vital : lapar, haus, sakit, lelah, kenyang, dsb.

Perasaan Rohani terdiri dari :
–    perasaan intelek
–    perasaan estetis (keindahan)
–    perasaan etis (susila)
–    perasaan kemasyarakatan (sosial)
–    perasaan religius (keagaamaan)
–    perasaan harga diri

sebenernya setiap kategori di atas ada pengertianya masing-masing, tapi aku lagi males nulis, jadi silahkan sobat semua cari sendiri devinisnya ata mungkin karena definisi dari masing-masing kategori di atas sudah sering kita ketahui dan terlalu mudah untuk mendefinisikan sendiri, jadi silahkan didefinisikan sendiri menurut versi masing2.

Materi selanjutnya adalah Struktur Organisasi, Tugas, dan Fungsi dalam suatau Sekolah yang bila aku tulisa bisa2 aku tambah pinter, jadi biar kita sama2 pinter silahkan dicari sendiri masing2 tentang Struktur Organisasi, Tugas dan Fungsi dalam suatu Sekolah.

1 Response to “Secuil Ilmu dari MicroTeaching di Ma’had”



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: