Persiapan Sebelum Masuk Dunia Kampus / Kuliyah

Ne tulisan saya khususkan buat sobat semua yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah dan sederajatnya, yah buat sedikit pandangan tentang persiapan sebelum memasuki dunia kuliyah.
Ne ada sedikit tips buat sobat semua, memang ne tips adalah dari pengalama pribadi saya, tapi saya yakin ini bisa berguna buat yang pengen masuk dunia kuliyah, agar kelak tidak menyesal jadinya.

1. Yang pertama, harus sobat persiapkan adalah UN (Ujian Nasional) biar lulus UN dulu, kenapa ? karena kalo kita gak lulus UN itu berarti kita gak bisa masuk kuliyah ato ngelanjutin pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Yah meskitpun nanti ada Paket C, yang mungkin bisa membantu sobat untuk lulus, meski tidak lulus UNnya. Tapi apa sobat mau lulus dengan ijazah Paket C ? gak mau kan, ne kasus pernah terjadi pada adek kelas saya waktu doi Ujian Nasional doi gak lulus di matematikanya, so doi ikut Paket C, dan alhasih doi lulus tapi doi tetap gak mau dengan ijazah Paket Cnya itu, so doi ikutan lagi UN tahun depan, maka dari itu persiapkan dengan matang UN sobat, pikirin UN dulu baru pikirin masa kuliyahnya, tapi kan pada bulan januari ato awal tahun pasti udah banyak universitas yang masang pengumuman penerimaan mahasiswa baru, so gimana dunk ? well, sobat boleh cari2 dari mana ato dari kapanpun info tentang penerimaan mahasiswa itu, lalu silahkan dicoba daftar pada universitas yang sobat sukai, kalo lulus ujian penerimaan mahasiswa baru ya Alhamdulillah, tapi kalo gak yah jangan nyerah, itu namanya kamu lum diberikan kecocokan ato bahkan gak cocok universitas itu buat sobat, dan Allah tidak meRidhoi sobat masuk universitas tersebut, so jangan misuh (menghujat) atopun nyesel ato CSnya. Nah kalo yang ne berarti konsekuennya kalian ngilangin duit pendaftaran kalo gak diterima ato kalo besok gak lulus UN tapi diterima di lulus seleksi penerimaan mahasiswa (saya do’ain sobat semua lulus) amin.

2. Yang kedua ne, pilih jurusan dan universitas yang sobat sukai dan mendukun masa depan sobat, kenapa ? cos kalo sobat gak milih jurusan dan universitas jurusan yang sobat sukai (paksaan ortu) saya yakin sobat akan menjalani kehidupan kampus yang setengah hati, dan yang setengah hati itu adalah sebuah langkan menuju kegagalan. Tapi gak dikit juga sobat saya yang salah jurusan dan pada akhirnya betah dan mahalah sekarang rajin kuliyah, nah kalo yang ne masalahnya biasanya doi orang yang cepet sadar kalo kuliyah itu ngeluarin biaya banyak so doi gak mau ngecewaiin ortu, dan doi tidak mudah putus asa meski doi salah jurusan, tapi apa sobat yakin dengan kemampuan sobat seperti sobat saya ini? Oh ya jurusan juga mempengaruhi kemampuan kita dalam memahami dan menghadapi mata kuliyah yang kita temppuh loh. Bahayanya kalo sobat gak kuat ngadepin makul (mata kuliyah) yang sobat pelajari bisa-bisa sobat berhenti ditengah jalan gimana ? istilahnya mo metik buat tapi baru setengah panjatan udah turun, alhasil sobat gak dapat apa-apa. So jangan sampe sobat salah pilih jurusan/universitas. Pilih pula jurusan yang sesuai dengan keinginan masa depan sobat (prospek pekerjaan).

3. Ukur kemampuan sobat sebelum sobat mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, kenapa ? karena ne bisa membantu sobat agar tau seberapa jauh kemampuan sobat dalam menghadapi soal ujian masuk besok. Jangan pernah anggap enteng saingan kita yang pengen masuk universitas loh, semua yang masuk universitas pasti kemampuannya bagus, nilainya pasti tinggi2, selalu juara di sekolahan, bahkan udah pernah ikutan olimpiade sains Internasional, hayo giman coba? Makanya ukur kemampuan sobat, paling tidak sobat akan tau kamampuan sobat sendiri, iya gak ? oh ya kalo di SPMB kita harus bisa mengalahkan saingan kita dalam jumlah tertentu loh, misah tahun2007 kemaren (kalo saya gak salah ingat ya) saya harus mengalahkan saingan SPMB saya dengan jumlah 4/3 orang di seluruh Indonesia, ato malah lebih ya ? saya lupa jumlah pastinya, yang pasti kita harus mengalahkan sejumlah saingan di seluruh Indonesia kalo kita pengen diterima di universitas itu. Nah mengukur kemampuan, berguna juga dalam pengerjaan soal ujian, ingat kalo SPMB salah satu soal nilai -1 (min satu) tapi kalo benar satu soal sobat dapat nilai 4 (empat).

4. Buat piliha kedua, what is it ? sobat harus buat pilihan kedua, misal ne, klo sobat pengen masuk Jurusan/universitas A yang pada waktu sobat daftar itu jurusan/universitas A adalah jurusan favorit di Indonesia, so sobat harus siapkan jurusan/universitas B yang tidak favorit di Indonesia tapi jurusan tersebut sobat minati. Ini agar sobat tidak kecewa ato sobat masih bisa masuk universitas meskipun hanya piliha kedua, kan pilihan kedua itu juga sobat sukai.
Istilahnya kita punya persiapan sebelum bencana (kagagalan)melanda kita, so dari sekarang persiapkan kira2 jurusan ato universitas mana yang sobat sukai dan sobat ingini masuk. Kembali lagi agar sobat tidak menyesal kelak.
Sobat bisa menyeleksi sendiri ato Tanya ma yang lebih ngerti tentang universitas ato jurusan yang ada di universitas di Indonesia. Dulu guru saya sering saya mintai info dan pengalamannya tentang persiapan sebelum masuk ujian dan alhasilsaya sekarang udah kuliyah di universitas yang saya sukai, meskipun saya diterima di universitas yang lain.

5. Persiapan dana/biaya buat kuliyah, ne jangan pernah sampe ketinggal loh, soale kalo ortu kita ga punya biaya buat kuliyak kita itu artinya kita susah buat kuliyah ato malahan kita gak akan bisa kuliyah, betul ga ?so molai dari sekarang coab sobat curhat ma ortu kalo sobat pengen kuliyah di universitas A dan membutuhkan biaya kira2 segini, dan sobat pengen masuj jurusan ini, nah kalo ortu udah se7 dengan piliha kita dan ortu kita mampu membiayai kita kenapa tidak ? dan seandanya ortu sobat lum cukup biayanya dan ortu sobat pengen sobat kerja batuin ortu sobat dulu satu tahun (yah itung2 persiapan buat SPMB tahun depan), sobat gak boleh marah ato ngambek ma ortu dunk, dosa loh. Ortu dah susah kerja eh kita marahin dan kita omelin, durhaka namanya. Insya Allah ortu banyak tau tentang kita dan dunia ini karena ortu kita udah banyak pengalamannya. Dan saya yakin ortu kita tau mana yang baik buat kita, tapi kadang kita pikir itu ga seperti apa yang kita inginkan. Betul ga ? (jujur saya juga gitu)

6. Sharing ma ortu, ini berguna agar kita ga bentrok dengan ortu, ka nada tuh ortu pengen kita kuliyah di universitas C dan ambil jurusan D, eh tapi kita pengen di Universitas G dan pengen masuk jurusan H. coba deh sobat sharing, ngobrol dengan ortu, saya yakin ortu kita pengen kita sukses dan bahagia kelak, dan gak salah langkah. Ne bisa juga kembali ke no 5 diatas loh.

7. Cari Info tentang penerimaan mahasiswa baru, sering2 aja ke papan pengumuman cari info itu, biasanyakan sekolah dikirimin selebaran ato brosur dari universitas2 tertentu, nah kamu cari tau aja tuh kalo perlu kamu deketin orang TU (Tata Usaha sekolah) agar kasih kamu info itu. Bagi yang suka jalan2 di dunia maya, kenapa tidak buka website universitas2 yang sobat minati ? Tanya ma kakak kelas sobat yang udah kuliyah juga bisa tao malahan udah ada sodara yang udah kuliyah, nah manfaatin itu.

8. Manfaatin pengalaman orang lain, Tanya guru sobat kira2 gimana trik dan tips buat ngadepin SPMB ato sejenisnya, dan tanya2 gimana se kehidupan kampus itu kepada orang yang udah berpengalaman hidup di kampus, bisa dari Guru, kakak kelas yang udah kuliyah, mba’ ato siapapun misal orang ketemu di bus kota eh tenyata anak kuliyahan, tanya aja, bilang mas/mba’ bagi pengalamannya dunk tentang dunia kampus dan antek-anteknya.

Nah mungkin segini dulu dari saya, sobat bisa cari tips dan trik lain di mana aja, kalo sekarang lagi di warnet ato di rumah dan lagi internetan cari peke kemampuan Pakdhe Google ato CSnya (Yahoo, tripod,MSN de.el.el). oh ya janga lupa kasih comment ya di Blog ini…. makasih, arigato gozaimasu, xiexie,thanks, matur nuwun, sukron katsiron……….

0 Responses to “Persiapan Sebelum Masuk Dunia Kampus / Kuliyah”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: